MACAM – MACAM GENRE MUSIK BESERTA CONTOH BAND

Posted: December 13, 2014 in Article Band
Tags: , ,

Pada Kesempatan kali ini Kami bakal mengulas beberapa macam genre musik yang ada didunia. Siapa yg tidak kenal dengan musik, sehari-hari kita dengarkan musik tak tahu dari ponsel, smartphone, atau radio. Musik ini telah ada dari zaman purbakala, yakni juga sebagai penyembahan pada dewa yang dipercayanya. Namun makna dari genre musik apa itu ya? Genre musik yaitu pengelompokan musik sesuai sama kemiripannya keduanya. Musik dapat juga dikelompokan sesuai sama persyaratan lain, umpamanya geografi. Suatu genre bisa didefinisikan oleh tehnik musik, style, konteks, serta tema musik. Kalian telah tau makna serta histori dari musik, jadi saya bakal membagikan beberapa macam genre musik yang ada didunia, cekidot.

Musik Seni (Art Music)
Musik Seni atau sering disebut juga Musik Serius dan musik-musik sejenis (musik avant garde, kontemporer) yakni satu makna pengelompokan jenis musik yang mengacu pada teori bentuk musik Classic Eropa atau sebagian type musik etnik yang lain yang di serap atau diambil sebagai basic komposisinya. Tak sama juga dengan musik Popular atau musik waktu, musik jenis ini biasanya tidak lekang dikonsumsi waktu, sampai bertahan beratus-ratus th. lamanya. Tokoh-tokoh komponis Indonesia yang bikin jenis musik seperti ini salah satunya Amir Pasaribu, Tri Suci Kamal, Slamet Abdul Syukur, Rahayu Supanggah, Otto Sidharta, Tony Prabowo, Michael Asmara, I Wayan Sadre, Iwan Gunawan, Dody Satya E. Gustdiman dsb.

Musik Classic

Musik classic biasanya merujuk pada musik classic Eropa, tetapi kadang-kadang juga pada musik classic Persia, India, dsb. Musik classic Eropa sendiri terdiri dari beberapa periode, misalnya barok, classic, dan romantik.
Musik classic yaitu makna luas, biasanya mengacu pada musik yang berakar dari rutinitas kesenian Barat, musik kristiani, dan musik orkestra, mencakup periode dari sekitar masa ke-9 hingga masa ke-21. Musik classic Eropa dibedakan berdasarkan pada dari bentuk musiknya, non-Eropa dan musik popular terutama oleh sistem notasi musiknya, yang sudah digunakan sejak mulai masa ke-16. 2 Notasi musik barat digunakan oleh komponis untuk berikanlah tips pada pembawa musik perihal tinggi nada, kecepatan, metrum, ritme perseorangan, dan pembawaan cocok satu karya musik. Hal sejenis ini membatasi ada praktik-praktik seperti improvisasi dan ornamentasi ad libitum yang sering didengar pada musik non-Eropa (banding dengan musik classic India dan musik tradisional Jepang) maupun musik popular. Dahulu musik classic di Eropa terutama digunakan untuk kebutuhan lagu di Gereja ataupun lagu untuk pengiringan Raja. Searah dengan pergantian, mulai juga bermunculan musik classic yang digunakan untuk kebutuhan lain, seperti misalnya musik classic yang menggambarkan visual lewat cara audio, umpamanya lagu Cat and Mouse yang menggambarkan kucing mengejar tikus. Umpamanya Mozart.

Jazz

Jazz yaitu type musik yang tumbuh dari penggabungan blues, ragtime, serta musik Eropa, terlebih musik band. Musik jazz banyak memakai gitar, trombon, piano, trompet, serta saksofon. Elemen utama dalam jazz yaitu blue notes, improvisasi, polyrhythms, sinkopasi, serta shuffle note. Sebagian subgenre jazz yaitu Dixieland, swing, bebop, hard bop, cool jazz, free jazz, jazz fusion, smooth jazz, serta CafJazz. Misalnya Michael Buble, Tompi.

Gospel

Gospel yaitu genre yang didominasi oleh vokal serta umumnya mempunyai tema Kristen. Sebagian subgenrenya yaitu contemporary gospel serta urban contemporary gospel. Sesungguhnya lagu type Gospel ini mempunyai nuansa serupa dengan Rock n Roll (oleh lantaran Rock n Roll sendiri sesungguhnya adalah fusion atau paduan dari Rock, Jazz, serta Gospel), dulu awalannya dikenalkan oleh beberapa orang Kristen kulit hitam di Amerika. Sebagian misal sekarang ini yang masih tetap betul-betul memakai aliran musik gospel yaitu Israel Houghton. Tetapi sekarang ini pengertian musik gospel sudah meluas jadi genre musik rohani keseluruhannya. Di Indonesia, musik gospel beraliran pop serta rock banyak dipopulerkan oleh musisi seperti Franky Sihombing, Giving My Best, Nikita, True Worshippers serta banyak lagi.

Blues

Blues datang dari orang-orang Afro-Amerika yang berkembang dari musik Afrika barat. Type ini lalu merubah banyak genre musik pop sekarang ini, termasuk juga ragtime, jazz, big band, rhythm and blues, rock and roll, country, serta musik pop. Misalnya Herry Henger, Ray Charles.
Rhythm and Blues (R&B)

Rhythm and blues atau disingkat R&B yaitu nama musik tradisional orang-orang Afro-Amerika, yakni musik pop kulit hitam dari th. 1940-an hingga 1960-an yang bukanlah jazz atau blues. Misalnya Maxwell, Beyonce.

Funk

Funk yaitu suatu aliran musik yang memiliki kandungan unsur musik tarian Afrika-Amerika. Biasanya musik funk bisa dikenali melalui ritme yang kerap terpotong singkat, bunyi gitar ritme yang tajam, perkusi yang menguasai, dampak jazz yang kuat, irama-irama yang di pengaruhi musik Afrika, dan kesan senang yang dijumpai waktu mendengarnya. Akar funk bisa dikilas balik sampai type rhythm and blues dari daerah Louisiana pada th. 1960-an. Aliran musik ini berkenaan dekat dengan musik soul dan type musik turunan yang lain seperti P-Funk serta Funk Rock. Misalnya George Clinton, Jamiroquai.

Rock

Rock, dalam artian yang paling luas, mencakup nyaris seluruhnya musik pop mulai sejak awal 1950-an. Bentuk yang paling awal, rock and roll, yaitu kombinasi dari beragam genre diakhir 1940-an, dengan musisi-musisi seperti Chuck Berry, Bill Haley, Buddy Holly, serta Elvis Presley. Hal semacam ini lalu didengar oleh orang di semua dunia, serta pada pertengahan 1960-an sebagian group musik Inggris, umpamanya The Beatles, mulai mengikuti serta jadi popular. Musik rock lalu berkembang jadi psychedelic rock, lalu jadi progressive rock. Sebagian band Inggris seperti The Yardbirds serta The Who lalu berkembang jadi hard rock, serta lalu jadi heavy metal. Akhir 1970-an musik punk rock mulai tumbuh, dengan kelompok-kelompok seperti The Clash, The Ramones, serta Seks Pistols. Pada th. 1980-an, rock berkembang selalu, terlebih metal berkembang jadi hardcore, thrash metal, glam metal, death metal, black metal serta grindcore. Ada juga british rock dan underground.

Metalcore, Hardcore.

Metal adalah aliran musik yang lebih keras dibanding dengan Rock walaupun ada juga band metal yang mempunyai lagu dengan nyanyian yang berkesan slow. Genre Metal yang digolongkan keras di mana lagunya mempunyai vocal ala scream, growl serta yang teranyar yaitu pigsqueal di mana vokal ini semakin banyak dipakai di aliran hardcore, post-Hardcore, screamo, metalcore, deathcore, death metal, black metal, electronic hardcore serta yang lain. Di Indonesia sendiri aliran band ala vokal scream ini sudah banyak diketemukan namun masih tetap belum dapat di terima dengan cara terbuka oleh orang-orang umum. Misal band : Indonesia yakni The Civil Wears Monza, DESIDER, Secret Of Murder, Deadsquad, Burgerkill dan lain-lain. Luar yakni Asking Alexandria, Miss May I, The Crimson Armada, Chelsea Grin, We Butter The Bread With Butter, Avenged Sevenfold, Bullet for My Valentine, Slipknot, dan lain-lain.

Electronic/Techno

Electronic atau dimaksud juga Techno diawali lama saat sebelum diketemukannya synthesizer, dengan tape loops serta alat musik elektronik analog pada th. 1950-an serta 1960-an. Beberapa pelopornya yaitu John Cage, Pierre Schaeffer, serta Karlheinz Stokhausen.

Ska, Reggae, Dub

Dari kombinasi musik R&B serta musik tradisional mento dari Jamaika nampak ska, serta lalu berkembang jadi reggae serta dub. Misalnya Bob Marley, Mbah Surip, dan lain-lain.

Hip Hop/Rap/Rapcore

Musik hip hop bisa dikira juga sebagai subgenre R&B. Diawali dimuka 1970-an serta 1980-an, musik ini awalnya berkembang di pantai timur AS, dimaksud East Coast hip hop. Pada seputar th. 1992, musik hip hop dari pantai barat juga mulai populer dengan nama West Coast hip hop. Type musik ini dapat digabung dengan heavy metal membuahkan rapcore. Misalnya Eminem, Macklemore, dan lain-lain.

Pop

Musik pop yaitu genre utama tetapi batas-batasnya kerap kabur, lantaran banyak musisi pop dimasukkan juga ke kelompok rock, hip hop, country, dsb. Misalnya Michael Jackson, dan lain-lain.

Musik Tradisional

Musik tradisional yaitu musik yang hidup di orang-orang dengan cara turun temurun, dipertahankan bukanlah juga sebagai fasilitas hiburan saja, tetapi ada pula digunakan untuk penyembuhan serta ada sebagai satu fasilitas komunikasi pada manusia dengan penciptanya, hal semacam ini yaitu menurut keyakinan semasing orang saja. Musik tradisional adalah perbendaharaan seni lokal di orang-orang. Musik tradisional yang ada di Indonesia, salah satunya yaitu gamelan, angklung serta sasando. terkecuali dari musik tradisional yang datang dari kebudayaan lokal, juga ada musik tradisional yang datang dari dampak kebudayaan luar salah satunya gambang kromong, marawis serta keroncong.

Latin

Genre musik tradisional latin ini umumnya mengacu pada musik Amerika latin termasuk juga musik dari Meksiko, Amerika Tengah, Amerika Selatan, serta Karibia. Musik latin ini mempunyai subgenre Samba.

Country

Musik tradisional country di pengaruhi oleh blues, serta berkembang dari budaya Amerika kulit putih, terlebih di kota Nashville. Sebagian artis country awal yaitu Merle Haggard serta Buck Owens.

Dangdut

Dangdut adalah musik yang datang dari Indonesia. Dangdut mempunyai nuansa india serta melayu. Pada awalanya, musik ini cuma dikira musik kelas bawah. Tetapi seiring berjalannya waktu, musik ini telah di nikmati seluruhnya kelompok. Misalnya Rhoma Irama, dan lain-lain

Leave a comment